Bupati Natuna Komit Bangun Desa Melalui Program PNPM

MENANDATANGANI PRASASTI - Bupati Natuna,  Ilyas Sabli menandatangani prasati di dampingi Camat Bunguran Tengah, Erwenandi dan Kepala Desa Air Lengit, Sariyah.SOLEH/HALUAN KEPRIRANAI (HK, 08/07/2013) – Bupati Natuna,  Ilyas Sabli mengaku komit membangun desa dengan menyediakan anggaran Rp500 juta melalui program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Integrasi.
Hal itu disampaikan Ilyas  ketika meresmikan sejumlah proyek bangunan fisik program PNPM dan proyek APBD Natuna tahun 2012 di Desa Air Lengit, Minggu (7/7).

Didampingi sejumlah kepala SKPD Natuna beserta Ketua Penggerak PKK Kabupaten Natuna,  Hj Yusnani Ilyas Sabli. Ilyas yang juga dianugerahi sebagai Datuk Setia Amanah tersebut mengaku akan terus memaksimalkan pembangunan infrastruktur desa melalui dana APBD Natuna.

“Kepada masyarakat Natuna khususnya Desa Air Lengit, perlu di ketahui, penyediaan dana sebesar Rp500 juta yang dilaksanakan melalui program PNPM Integrasi merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menunjang pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa. Karena telah kita ketahui bersama, Kabupaten dan Kota di Indonesia, baru Kabupaten Natuna yang mampu menyuport dana melalui APBD nya untuk program PNPM Mandiri Perdesaan,” Jelas Bupati.

Di samping itu, dana Rp500 juta adalah dana yang pasti diterima  Desa  tahun. Akan tetapi dana PNPM Mandiri Perdesaan dari APBN belum tentu diterima oleh desa karena harus berebut dengan ribuan desa lainnya yang ada di Indonesia.

“Jadi bapak dan ibu sekalian, kita perlu bersyukur, karena kita bisa memberikan yang terbaik ketimbang daerah lain. Untuk itu, dengan telah diresmikan beberapa bangunan program PNPM serta APBD tahun 2012 di Desa Air Lengit dan desa lainnya yang ada di Kecamatan Bunguran Tengah, agar dijaga dan dirawat. Sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik dengan tempo waktu yang cukup lama,” ungkap Bupati.

Selain meresmikan sejumlah proyek program PNPM Mandiri baik yang didanai dari APBD maupun APBN, kehadiran Ilyas Sabli di Desa Air Lengit juga untuk memberikan ucapan selamat kepada masyarakat atas diraihnya juara II Madya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional.

Salah satu PHBS yang diterapkan di Desa Air Lengit adalah tidak boleh merokok di dalam ruangan serta tidak boleh membuang air besar sembarangan. Maka dari itu, Desa Air Lengit memperoleh prestasi bagus di tingkat Nasional.

“Saya ucapkan selamat atas diraihnya juara II PHBS tingkat Nasional. Semoga desa ini menjadi desa percontohan bagi desa lainnya di Kabupaten Natuna,” kata Ilyas Sabli.

Kepala Desa Air Lengit, Sariyah mengatakan, prestasi yang diraih Desa Air Lengit tidak lain adalah berkat dukungan pemerintah daerah dalam mensuport program desa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pak Bupati yang sudah mendukung program kami, kemudian terimakasih kepada Ketua Penggerak PKK Natuna,  ibu Hj Yusnani Ilyas Sabli yang mensuport kami sehingga desa ini meraih prestasi,” papar Sariyah.(leh)

sumber: www.haluankepri.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s