Empat Orang FT Siap dimobilisasi ke Lokasi Tugas.

Empat orang calon Fasilitator Teknik PNPM Mandiri Perdesaan siap dimobilisasi ke lokasi tugas. Ke-empat orang tersebut sudah melalui seleksi dan mendapatkan pembekalan dari Konsultan Manajemen Provinsi bersama Satker PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepulauan Riau, tanggal 13 s/d 15 Juni 2014 yang lalu.

Mereka yang lulus sebagai calon Fasilitator Teknik Kecamatan antara lain Kasman, Linusman Laia dan Rejeki Sahat Sibarani. Sedangkan, calon Fasilitator Teknik Kabupaten yang lulus dan ditempatkan yakni Gusmayanto. “Untuk Fasilitator Teknik Kecamatan rencananya akan langsung dimobilisasi ke lokasi tugas pertengahan Juni 2014 ini, sementara Fasilitator Teknik Kabupaten dimobilisasi awal Juli 2014”, ujar Marihot Tua Sigalingging, Koordinator Konsultan Manajemen Provinsi Kepulauan Riau, pada pembekalan calon Fasilitator, di kantornya, Jl. Raja Haji Fisabilillah No.49, RT.03 RW. 09, Kel. Sei Jang,Tanjungpinang, Minggu (15/06/14).

Pembekalan calon fasilitatator dilaksanakan melalui mekanisme pelatihan mandiri. Selama dua hari, dilakukan pelatihan di provinsi, difasilitasi oleh Konsultan Manajemen Provinsi. Khusus, Fasilitator Kecamatan, pembekalan dilanjutkan di kabupaten yang akan difasilitasi oleh Fasilitator Kabupaten di lokasi tugas. Pembekalan di kabupaten, berlangsung kurang lebih 3 hari. Sementara, untuk Fasilitator Teknik Kabupaten, sudah langsung melaksanakan tugas di lokasi. Dalam waktu dekat,  bila ada pelatihan pratugas reguler, mereka akan diikutkan sebagai peserta. Mekanismen pelatihan mandiri ini, merupakan strategi pembekalan untuk mengisi kekosongan di lapangan dalam waktu singkat.

Saat ini, PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepulauan Riau, mengalami kekosongan 18 orang Fasilitator Kecamatan, 17 orang Fasilitator Teknik dan 1 orang Fasilitator Pemberdayaan. Tambahan hasil rekrutmen 3  (tiga) orang ini, sedikit melegakan. Sebab, ada progress pengisian posisi kosong di lapangan. Ke depan, masih ada tugas, menjaring dan melakukan seleksi calon Fasilitator. Dibutuhkan 14 orang lagi Fasilitator Teknik dan 1 (satu) orang Fasilitator Pemberdayaan.  Untuk Fasilitator Teknik dengan kualifikasi Sarjana Teknik Sipil, boleh dengan nol tahun pengalaman. Sendangkan, Fasilitator Pemberdayaan, semua disiplin ilmu, minimal 3 (tiga) tahun pengalaman.

Kepada calon fasilitator, diaharapkan, setelah surat tugas diterbitkan, sesegera mungkin berada di lokasi tugas. Sebelum ke kecamatan harus melapor terlebih dahulu di Kabupaten, Selanjutnya, pelaksanaan tugas dan kehadiran di lokasi menjadi tanggungjawab pengendalian dari Fasilitator Kabupaten.

Ditegaskan bahwa dalam bertugas, Fasilitator harus menjunjung tinggi kode etik. “Pelanggaran terhadap Kode Etik, dapat berakibat pemutusan hubungan kerja”, jelas Andri Yudi, Spesialis HRD Konsultan Manajemen PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepulauan Riau, sembari memberi semangat kepada calon Fasilitator bahwa bila tidak ada niat untuk menyeleweng, Insya Allah tidak akan ada permasalahan pelanggaran kode etik.

Tentang lokasi tugas, semua calon Fasilitator tidak ada masalah. Pada saat seleksi, mereka sudah menyatakan komitmen kesediaan ditempatkan di seluruh lokasi PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepulauan Riau. Kendati demikian, dalam proses penempatan, pendapat dan permintaan dari calon fasilitator tetap menjadi masukan dan pertimbangan. Sebelum menerbitan Surat Perintah Tugas, pihak Satker PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Kepulauan Riau, tetap mengkomunikasikan tentang lokasi penempatan dengan yang bersangkutan, demikian EKy.SE,MM Penanggungjawab Operasional PNPM Mandiri Provinsi Kepulauan Riau usai memberikan pengarahan. (Sesvil/IEC Prov.Kepri)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s