Penilaian Dan Pemetaan Kompetensi Kader Teknik Desa

Kader Teknik Desa (KTD) dibanyak tempat belum dapat diperankan dan difungsikan secara utuh. Kebanyakan masih diperankan oleh pelaku-pelaku desa lainya, seperti tukang, kepala tukang, pengurus TPK dll. Dan, sering terjadi pergantian, bahkan kekosongan KTD yang tidak segera ditindak lanjuti.
Fasilitator Teknik di kecamatan sebagai pendamping masyarakat menjadi ujung tombak dalam melaksanakan kewajiban meningkatkan kapasitas masyarakat pada aspek ketrampilan teknik prasarana desa, dengan menyiapkan kader-kader masyarakat sebagai KTD.
Fungsi fasilitator sebagai pendamping untuk melakukan transfer ketrampilan teknik kepada masyarakat belum optimal, maka Fasilitator Teknik Kabupaten, Spesialis Infrastruktur RMC dan NMC harus melakukan upaya dan dukungan kepada FT secara berjenjang.
Tahun 2011 telah diluncurkanya Modul Pelatihan KTD sebagai buku pegangan pelatih KTD oleh pelatih/ fasilitator di tingkat kecamatan ataupun kabupaten. Dengan mempedomani buku tersebut, diharapkan para pelatih memiliki acuan dalam mempersiapkan masyarakat desa menjadi KTD.
Paska pelatihan, hasil dan dampak pelatihan tersebut belum banyak yang menindak lanjuti. Diantaranya mengidentifikasi tingkat ketrampilan yang berhasil diserap oleh tiap peserta latih/ KTD dalam implementasinya di lapangan. Materi mana yang belum dikuasai dan belum dapat dioperasionalkan. Masalah dan kendala yang dihadapi para KTD. Serta, kebutuhan-kebutuhan ketrampilan teknik tambahan yang mendesak diperlukan KTD.
Dengan pemetaan KTD, baik para KTD/ yang bersangkutan, fasilitator dan atau pembimbingpun dapat mengetahui kelebihan kekuranganya secara terperinci, sehingga dapat mengambil langkah tindakan yang tepat.
Melalui Nota Dinas, Team Leader RMC-1, Ismail A. Zainuri, menugaskan Kordinator Provinsi melakukan pemetaan dan penilaian Kader Teknik Desa, secara berjenjang. Laporan hasil pemetaan sudah diterima Kordinator Wilayah, tanggal 14 November 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s